Wednesday, February 12, 2014

Temen vs Sahabat

Temen sama sahabat itu beda loh. Keliatannya sih hampir-hampir mirip, tapi ada perbedaan yang mencolok diantara temen sama sahabat. Gua abis survey ke beberapa temen gua yang bisa mendeskripsikan arti dari temen dan sahabat. Ada yang jawabannya panjang kayak nama alay di pesbuk, ada yang jawabannya pendek, singkat, padet kayak lagi make hengpon esia. Gak mau rugi gitu.

Nih jawaban-jawaban dari arti kata "temen" dan "sahabat"

"Temen adalah orang yang bisa makan. Sahabat itu adalah orang yang gabisa makan. Temen kan bisa makan temen, kalo sahabat kan gabisa makan sahabat." - versi gua @aalrahman.

Dengan sebuah kalimat pertanyaan yang sederhana,

"(nama orang), gua pengen nanya dong. bedanya temen sama sahabat itu apaan?"
gua bisa dapet jawaban yang berbeda-beda.





"kalo temen kita ga akan ngerasa terlalu nyaman tapi kalo sahabat lo ngerasa nyaman banget." - versi temen kampus gua yang rumahnya pernah buat tempat nginep anak-anak kelas gua pas abis jalan-jalan kelas.

"temen itu orang yang kita kenal karena kehidupan sehari-hari kita. kalo sahabat orang yang kita kenal dari keseharian kita atau aktifitas kita yang selalu peduli walaupun sekedar hanya mendengarkan kita. sahabat itu ada saat suka duka hidup kita gitu. kalo temen ga semuanya "peduli" secara detail. sama satu lagi, sahabat itu ga takut ngasih masukan ke temen yang suka ke sahabatnya. beda sama temen yang suka mau ngasih masukan tapi gajadi terus jadinya cuma kadang ngomongin at behindnya" - versi tukang gossip terkenal di kelas gua.

"temen itu orang yang biasa aja sama kita, sekedar say hello lah kalo ketemu. tapi kalo sahabat itu orang yang deket sama kita, tau pribadi kita kayak gimana." - versi mantan sekretaris gua.

"temen ya temen. sahabat ya sahabat. bagi gue gak ada bedanya sih al. tapi sahabat itu yang ngerti luar dalem, baik buruk, semuaaaanyaa yang ada di kita. contoh, dalam satu lingkup gitu yaa, ada orang yang main sama lo udah gitu aja, tapi ada yang tau lo gimana, karna lo sering cerita-cerita dan berbagi sesuatu ke dia. istilahnya kita percaya sama temen kita itu, dari yang tadinya cuma temen, jadi sahabat deh." - versi 'raisa'-nya kelas gua.

"hmm temen itu yaa cuma sekedar kenal aja hubungannya juga cuma ala kadarnya, tapi kalo sahabat itu orang yangmau susah senang sama kita, tempat lu curhat, ketawa bareng, ngelewatin momen berharga bareng dan lain-lain." - versi cewek pramuka di kelas gua.

"temen itu kayak cuma sebates deket lah gitu, kayak cuma sebates kenal terus main tapi ga akrab banget. kalo sahabat itu tuh yang udah bener-bener deket sama kita, akrab banget gitu deh." - versi -cewek yang pernah jadi- vokalis band gua.

"sahabat itu orang yang bisa buat lo jadi diri lo sendiri dan ga dibuat-buat. tentu kalo sahabat pasti bakal ngerasa lebih nyaman dibanding temen, kalo udah sahabat mah kadang udah berasa keluarga sendiri lo bisa nyeritain semua keluh kesah lo dan otomatis dia yang bakalan buat lo tersenyum duluan dibanding pacar. sahabat itu bhisa ngerangkul kita pas kita lagi terpuruk, dia juga bisa buat kita kayak orang gila kalo lagi seru-seruan bareng dia haha. kalo temen itu kadang cuma dateng sesaat doang, disaat dia atau lo udah ga ngerasa klop lagi kadang bisa ngilang gitu aja. kalo ketemu yaa kadang cuma say hidoang, terus kalo mau ngobrol yaa kurang terbuka aja bawaannya. terus kalo temen kadang ga bertahan lama disaat lo udah lulus wusssshhh udah lost contact pasti terjadi haha. menurut pendapat gue segitu aal." - versi tukang jarkom di kelas gua. panjang bener yeh -_-

"sahabat ituuu ada disaat seneng atau sedih, kalo temen adanya pas lagi seru-seruan bareng aja." - versi temen kelas (cewek) yang sering bilang gua tukang galau.

Nah kan macem-macem pendapat orang tentang bedanya "sahabat" sama "temen". Tergantung masing-masing orang juga sih sebenernya.

Kesimpulannya adalah sahabat itu lebih enak dibanding temen. Dengan sahabat kita bisa berbagi suka maupun duka. Sedangkan kalo temen, gak selalu bisa ngebagi suka dan duka.

Kalo ada yang mau nambahin bisa di komen di kolom komentar.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Tuh kan bener buat blog, kata lo bukan al--"
    Emm, btw, untung kata 'sekretaris' nya ketulis dibelakang kata 'mantan' nya ye al. kalo nggak.... ewh anet ueeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha siake ketauan. va jadi seketaris gua lagi dong, bingung nih gua kalo sms ke pak ican haha-_-

      Delete