Saturday, May 17, 2014

'Bukan' Rejeki Anak Soleh

Ini hari bener-bener hari paling bapuk sepanjang sejarah peradaban manusia. Rejeki bener-bener kabur. Rejeki aja kabur, apalagi cewek? Kan gua jadi curhat bodoamat. Yang namanya rejeki emang bener-bener misteri. Kadang dateng sendiri, kadang malah ngejauh. Sekalinya dateng, banyak. Sekalinya jauh, jauh banget. Misteri.

Pertama-tama, sebagai mahasiswa paling berprestasi, terganteng, teraktif demo, terkece, tertajir, teraniaya, terhina, dan terterlainnya. Gua mau ngucapin sesuatu dulu buat UNJ, tepatnya tanggal 16 mei 2014.


“Selamet ulang tahun UNJ yang ke-setengah abad. Semoga banjirnya lekas sembuh, proyek UNJ waterparknya cepet selesai, dan yang terakhir, semoga bayaran semesteran turun banyak. Aamiin”


Di hari yang kejepit ini, UNJ ulang tahun. Sebenernya males males ogah sih ke kampus, tapi mau gimana lagi. Nilai praktek masih ada yang belom tuntas prayforpraktek daripada nilai gua nanti jadi bapuk, yaudah mau gak mau musti ke kampus. FYI, ke kampus dengan keadaan motor baru di cuci itu tingkat kegantengan motornya naik 25%, tingkat kegantengan orang yang naikin motornya jadi naik 10%. Kan kalo gua emang udah teng-gan, jadi 10% juga udah cukup buat gua untuk jadi supersaiyan4.

Punya temen seperbegoan emang paling enak. Bisa ketawa-ketawa kayak orang bego, padahal mah emang udah bego. Kelar praktek, langsung cari makan, eh beli deng. Kalo nyari mah gak bakal dapet, orang gak bakal ada yang ngebuang makanan. Iye iye serah gua dah ah! Muter-muter kampus, akhirnya dapet makan di depan tugu kampus. Pilihan anak-anak seperbegoan tertuju pada kamu mie ayam di depan kampus. Beberapa temen gua juga ada yang makan bubur sulam ayam. Kebetulan banget temen seperbegoan gua ngebawa cewek barunya. Makan gratiiiiiiiiiiiiisssss!!!! *puter-puter kolor*


“bang mie ayamnya jadi berapa duit?” gua nanya ke tukang mie ayamnya.

“semuanya jadi 24 ribu” kata tukang mie ayam.

“oh yaudah berarti satunya 8ribu ya bang. Nih” sambil nyodorin duit 20 ribuan.

“eh al gak usah nih biar sekalian aja pake duit gue” kata pacarnya temen gua.

“ah kagak enak na. Udah nih gua bayar sendiri aja” kata gua. Padahal mah gua girang dapet mie ayam gratisan, ya sepak sepik sempak aja biar gua keliatan berwibawa dikit.

“udah nih bang duitnya” kata pacarnya temen gua. Yes! Mie ayam gratis.


Abis bayar mie ayam, duduk duduk lagi sebentar nurunin makanan turun. Kalo kata orang jaman dulu kan kalo abis makan jangan jalan-jalan dulu, nanti makanannya gak jadi daging. Lagi nongkrong enak-enak, temen gua, wendi, ngajakin gua solat maghrib.


“al gua ke meni dulu ya. Solat maghrib. Ayo al sekalian” kata wendi. FYI, meni adalah sebutan untuk mesjid tergede di UNJ.

“hehehe lu duluan aja wen nanti gua nyusul dah” kata gua. Pas si wendi solat, dan anak-anak lagi pada duduk, gua dapet telpon dari si tante bimbel.

-hallo assalamualaikum-

-waalaikumsalam. Kak aal lagi dimana?- kata si tante bimbel.

-dihatimuuu lagi di kampus tante, ada apa ya?-

-yah kirain lagi dirumah. Ini kak aal, ada pengajar yang gak bisa masuk. Bisa ngegantiin gak?-

-jam berapa tante?-

-jam 7 malem ini-

-yah maap tante saya lagi di kampus. Belom pulang-

-yah yasudah gak apa-apa deh-

-maap ya tante-

-iya-


Mungkin ini akibat dari ngelewatin solat maghrib. Ah cudahlah. #bukanrejekianaksoleh

Gak lama abis nerima telepon, anak-anak malah pada mau balik. Yaudah jadi gua ikutan balik dah. Kebetulan gua markir motor di parkiran belakang kampus, barengan sama motornya jai ung. Si jai ung ke parkiran bareng ceweknya, dan gua tetep sendiri. Terpaksa gua jadi nyamuk. *mewek* *nyari tanah* *mendem*


“al al sendirian aja” kata jai ung.

“hehehehehe” gua nyengir-nyengir aja. Kalo gua timpalin gua bakalan kalah, ya dia mah jok belakangnya ada yang ngisi, lah gua?


Perjalanan pulang emang paling enak sambil dengerin lagu. Percaya dah. Kalo gak percaya juga gak apa-apa sih, kalo percaya sama gua kan jadinya burik musyrik. Bawa motor nyantai, ditemenin sama lagu-lagu melow yang menjurus sedih galau. Ah mati lah kau! Jadi ngantuk. Tapi ya gitu, kalo perjalanan pulang sekitar jam setengah 7 gitu, macet bener.

Kemacetan demi kemacetan kampret ala ibukota udah gua lewatin. Tinggal berhadapan sama lampu merah depan PGC. Disitu ada jalur busway yang panjangnya sekitar 15 meteran. 3 motor di depan gua nerobos jalur busway, dan bodohnya gua ikut-ikutan. Bangcat! Pas gua udah sampe di ujung jalur, tiba-tiba ada polisi yang nyamperin gua. Ah syit banget.


“stnk-nya mas” kata si polisi.

“nih pak” kata gua, sambil ngasih stnk sama sim.

“motornya pinggirin dulu di depan” kata si polisi.

*minggirin motor* *ke pos polisinya*

“udah tau kan salahnya apa?” kata si polisi.

“iya pak. Maap ya pak soalnya sama buru-buru, adek saya lagi sakit. Dirawat di rumah sakit sukanto situ pak. Saya juga buru-buru” kata gua, pake tampang panik kayak orang yang bener-bener buru-buru. Sebenernya ini bagian dari latihan akting juga disuruh sama sutradara film bokep di jepang.

“terus gimana nih? Sidang aja ya. Nanti sidangnya tanggal 6 juni.” Kata si polisi.

“yah pak jangan deh pak saya buru-buru banget nih pak soalnya. Saya ngejar lampu ijo jadi saya masuk jalur situ deh pak”

“emang situ darimana?”

“saya dari kampus pak, UNJ” kata gua, dengan bangganya nyebut UNJ.

“yaudah situ punya berapa ratus?” kata si polisi. Sumpah, ini bangcat banget! :)) polisi gitu ya, langsung nembak gitu. Ibarat kata, kalo sama cewek langsung nembak gitu gak pake pedekate dulu. Mana asik. Hih!

“allahuakbar pak saya gak punya duit segitu pak. Nih duit saya tinggal ada dua puluh dua ribu” kata gua, tetep pake melas face. Sambil nunjukin isi dompet gua ke depan muka polisinya.

“terus gimana nih?”

“yah pak saya cuma ada uang segini. Saya mahasiswa pak, adek saya juga lagi sakit”

“yaudah lah sini” kata si polisi, sambil ngambil duit gua sama ngasih stnk beserta sim gua.

“ah dasar polisi pakyu. Duit dua puluh dua ribu diambil juga. Gua doain sakit perut lu makan duit gua” kata gua, dalem hati.


Sebenernya duit gua masih ada lagi, tapi bukan di dompet yang kantong utama, tapi di selipan penyanyidangdut dompet yang paling dalem. Abis kejadian itu gua langsung naikin lagi motor kesayangan gua sambil nyengir-nyengir. Antara seneng akting melas gua berhasil emang muka gua udah melas sih, kesel ngeliat orang depan gua kagak ditilang sedangkan gua kena tilang, macem-macem dah. Tapi kalo dipikir-pikir, duit dua puluh dua ribu mendingan juga buat makan ketoprak 3 malem, ditambah kopi satu sachet. Tapi............... ah cudahlah. #bukanrejekianaksoleh

Pas udah naekin motor, gua langsung belok ke arah jalan condet raya. Kramat jati jam 7an mah macetnya bener-bener sakhrukh khan maen! Berhasil boongin polisi. Gak tau dah itu polisi ngeliat gua ke arah jalan raya condet apa kagak, yang penting gua kagak di sidang.

“Sekedar tips nih untuk cowok-cowok. Kalo jalan kemana-mana, duit gede di simpen aja di celah-celah dompet. Pas kena tilang, liatin dah tuh duit receh yang ada di kantong utama dompet. Terus juga jangan lupa pasang muka melasnya. Nah terus mikir alesannya juga, lu mau kemana gitu. Intinya ke tempat yang penting dan genting. Contoh, lu mau ke markas brimob gitu. Biar dia takut. Gitu.”


Intinya ya gitu, jangan sesekali ngelewatin jalur busway di PGC yang arah ke kramat jati. Polisinya rame kayak anak SMK mau tawuran. Walaupun waktu itu gua pernah nerobos dan gak ketauan. Nerobosnya pas jam 10 malem. Waspadalah! Waspadalah! Polisi laper uang rakyat akan selalu mengintaimu.

0 komentar:

Post a Comment