Thursday, June 19, 2014

Rangkaian Lishit

Dari kemaren malem anak-anak kelasan gue pada betah amat ngebahas tentang ujian praktek rangkaian listrik, padahal ini lagi hari libur. Gue paling kesel kalo lagi libur, tiba-tiba ada yang ngebahas tugas. Rasanya itu anak yang ngebahas tugas kepalanya minta banget di jedodin ama centong. Dan paling kampretnya, ujian praktek rangkaian listrik bakal dilaksanain pagi ini. Waktu boker (bobo keren) bakal terganggu. Jam 8 pagi, yang tadinya gue masih di dalem dunia mimpi bareng Pevita Pearce lagi jalan berdua di pantai, ciprat-cipratan air, berenang-berenangan, basah-basahan. Dan ini gue musti bangun pagi. Bencana!


-besok ujian praktek rangkaian listrik masuknya jam 8 pagi ya- kata bayu, di chat grup whatsapp. Dia PJ mata kuliah RL (rangkaian listrik).

-bay kalo gue datengnya jam 8 lewat boleh kan?- kata gue.

-boleh al- kata bayu. Oke, dengan pernyataan ‘boleh’ dari sang peje, gue merasa aman. Sebelom berangkat ke kampus gue nonton kartun favorit dulu, larva. Entah kenapa ini film kartun bener-bener tablo banget. Sekedar saran nih, untuk anak yang pengen jadi pinter, gue saranin jangan nonton film kartun in. Nanti pinternya ilang seketika.

Jam 8 pas gue berangkat ke kampus...

***

Jam 9 pas gue nyampe kampus. Tumben banget gue nyampe kampus pas 1 jam, biasanya gue ke kampus cuman 15 menit. Pake keretanya sinterklas.

Ketika gue udah nyampe kampus, praktek udah mulai. Dimulai dari kloter 1. Kloter 1 ini adalah sekumpulan anak-anak yang berani. Berani dapet nilai buruk. Gue nyari kloter tengah, kloter 4 atau kloter 5 atau kloter 6 tapi udah penuh semua. Jadi mau gak mau gue musti dapet kloter akhir, kloter 8. Ini kampret juga sebenernya.

Waktu prakteknya udah sampe kloter 5, tepatnya jam 1 siang. Ujian prakteknya di jeda, jadi lanjut lagi jam setengah 5 sore. Kalo ini namanya bener-bener kampret. Yang namanya jeda itu pasti gak enak. Apalagi dalem suatu hubungan. Hubungan di jeda, ada kemungkinan untuk baliknya tuh cuman 1%, 99% sisanya berakhir dengan PUTUS! Waktu lagi PDKT juga jangan sampe jeda, bisa jadi nanti gebetan lo malah berpaling ke cewek lain. #curhat #inicurhatanku? #manacurhatanmu?

Begitu tau jam prakteknya di jeda, gue dan temen seperjombloan gue pergi ke DPR. Dibawah Pohon Rindang. Itu tepatnya di depan gedung elektro.

“al jangan nengok ke depan al” kata wendi. Temen seperkampretan gue.

“emang napa wen?” kata gue.

“ntar lo ngeblank”

*gue nengok ke depan* seketika gue langsung diem, tak mampu berkata-kata. Apakah ini yang dinamakan cinta telah datang? #tsah *puter-puter singlet*

“anjir lu wen gue kira ada apaan hahaha oke gue semangat dah nih belajarnya! Hahaha” kata gue. Ternyata di depan ada sesosok bidadari listrik. Suasana yang tadinya lagi panas, seketika jadi adem seadem ademnya :))

Sambil nunggu waktu jam setengah 5 sore, gue sama temen seperjombloan gue pergi ke MENI. Mesjid terkenal di kampus A UNJ.

“al ke meni yok” kata Ari. Ari ini anak pinter di kelas gue tapi dia berubah gara-gara sering gue mentoringin. Doi jadi sering mikirin cewek. HAHAHA.

“ah gue takut lupa lagi ri, tadi kan gue udah belajar”

“gak apa-apa ayo al sambil nyari ogel-ogel hahaha” kata Ari. Entah kenapa si Ari ini demen banget nyebut cewek dengan sebutan ogel-ogel. Jarang-jarang kan ada anak pinter tapi aneh gini.

“kampret lah hahaha” kata gue.

Ditengah jalan menuju MENI, gue lewat fakultas bahasa. Disono biasanya banyak banget ogel-ogel. Pas lagi jalan, gue ngeliat celengan. CELENGAN! Tuh gue capslock biar lebih jelas.

“lu napa al nyengir-nyengir?” kata Ipin. Kawan seperjombloan gue juga yang ikut ke MENI.

“yaelah kampret lo pake pura-pura gak tau segala hahaha” kata gue.

“mantep ye al? Hahaha”

“kalo itu namanya rejeki anak soleh pin hahaha”

“yoi al hahaha”

***

Sebagai makhluk beriman, begitu nyampe di MENI gue langsung memutuskan untuk solat. Abis solat gue langsung ke tempat tongkrongan biasa. Halaman MENI. Yoi banget kan tongkrongannya aje di halaman mesjid, gimana anak-anaknya? Alim? Kagak!

Walaupun di halaman MENI, pembahasannya tetep aje yang begitu. Buat yang umurnya udah nyentuh 18tahun pasti tau.

“gue ngeri banget ini praktek, udah capek-capek belajar pas prakteknya tiba-tiba ngeblank. Itu tuh sakitnya disini” kata gue sambil nunjuk dada.

“sakitnya disini juga al” kata Wira sambil nunjuk dengkul. FYI, Wira ini adalah anak paling tua di kelas. Umurnya udah 21.

“iya wir iya gue paham kok”

“iya al udah gitu gue langsung nyesel. Udah ah gue gak mau ngelakuin itu lagi, eh besoknya langsung ngelakuin lagi. Asal rumah udah kosong langsung gitu lagi” kata Wira. Sumpah ini kata-kata bangcad banget.
“hahahahaha” anak-anak langsung pada ngakak.

Pas lagi ketawa-ketawa, tiba-tiba Wira ngeliat cewek yang masih SMA masuk ke MENI. Kayaknya dia mahasiswa baru, soalnya dia masih pake celana abu-abu. Berjilbab, cakep, beuh gila manis pisan lah pokoknye.

“al tuh al dede” kata Wira sambil nunjuk ke arah anak SMA.

“wih yoi wir dede-dede masa depan tuh haha” kata gue.

“samperin dong al kalo lo gentle”

“ah ogah ah hahaha” kata gue.

“lo sebagai mentor adek-adek kelas, lo harusnya mencontohkan keberanian al” kata Wira.

“lah wir disini kan yang paling tua tetep elo wir -_- ya berarti lo lah wir yang samperin haha“ kata gue.

“andinglah hahaha”

“payeh umur doang banyak lo wir hahaha”

“hahaha” anak-anak ngakak.

***

Udah jam 4, waktunya balik lagi ke elektro. Welcome to the jungle beybeh! Gue pernah denger kata-kata ini dari temen gue waktu SMA. Kira-kira bunyi kata-katanya kayak gini,

orang kalo udah belajar terus ketawa-ketawa lagi, ilmunya pasti ilang lagi

Dan ternyata bener :’) ilmu yang gue pelajarin dari tadi siang ilang lagi. Mau gak mau akhirnya gue belajar lagi.

Kloter 7 udah masuk kira-kira udah 15 menit. Dari kloter-kloter sebelomnya, kalo udah 15 menit itu palingan sebentar lagi selesai. Nah iya bener! Kloter 7 selesai, dan sekarang waktunya kloter 8.

“kloter selanjutnya silahkan masuk” kata dosen pengujinya.

“asataganaga gue ngeri ngeblank ntar wir pas di dalem” kata gue ke wira. Wira ini udah selesai, dia dapet kloter 7.

“ubah mindset al. Ubah mindset lo yang tadinya pengen praktek jadi pengen liburan. Waktu liburan lo kisaran 30 menit lagi al. Kalo waktu liburan gue mah udah haha”

“njir. Iya wir bener. Oke! Gua siap liburan” kata gue.

*kemudian gue masuk ke ruangan praktek*

Anjir ini gue bener-bener tegang setegang tegangnya. Tegangnya itu kayak waktu lo lagi pengen nembakk cewek. Tau kan gimana deg-degannya? Kalo yang udah pernah nembak cewek mah pasti tau gimana rasanya. Kalo belom pernah nembak cewek? Mending lo nembak cewek dah biar lo tau rasanya gimana. Kalo gak ada cewek yang mau lo tembak, tembak aja nenek lo.

“ini kloter delapan ya?” kata dosen penguji.

“iya pak” anak-anak ngejawabnya barengan.

“jangan tegang. Santai aja rileks. Nih isi tanda tangan absennya dulu” kata dosen penguji.

*tanda tangan absen*

“ini undiannya. Silahkan diambil” kata si dosen. Di kloter gue itu ada 2 cewek dan 4 cowok. Jadi, sebagai cowok yang gentle, gue mempersilahkan anak cewek untuk ngambil undiannya duluan. Setelah cewek ngambil undian, sekarang saatnya para cowok yang ngambil undian.

Tangan gue, gue gerakkan dengan pelan. Sembari tangan gue jalan menuju kotak undian, gue baca mantra-mantra biar dapet jobshit yang gampang. Gue berharap banget dapet jobshit antara 1, 2  atau 3. Soalnya gue cuman belajar jobshit 1, 2 sama 3 doang. Kalo gue dapet jobshit 4 atau 5 atau 6, tewas lah gue tewas!

“bismillah rejeki anak soleh gak bakal kemana. Kemon job 1, job 2, job 3 come to papa”

*kertas undian udah di tangan gue*

*buka kertas undian jobshit*

*ngeliat kertas undian jobshit*

*lemes. Gak bisa berkata-kata*

Gue dapet jobshit 6........ (bunuh aku pak, bunuh!)

Ketika anak-anak yang lain ke tempat jobshitnya dengan senyum yang begitu lebar, gue juga senyum yang begituu lebar, sedangkan gue dengan senyum yang agak dipaksain. Jadinya muka gue asem asem butek gitu deh. *garuk-garuk pala pake tang*

Pertama-tama, gue awali dengan mengucap bismillah. Karena kata pak ustadz, semua hal yang akan dilakukan itu harus dimulai dengan bismillah.

“bismillah...”

“anjir ini apa yang mau gue otak-atik nih, gue kagak ngarti pisan” kata gue, ngomong sendiri.

Padahal gue berharap banget dapet jobshit 1 atau 2 atau 3 yang udah 80% gue kuasain. Harapan tinggalah harapan, pupus. #np – pupus.

Kadang harapan itu akan berbuah manis jika harapan yang kita harapkan itu sesuai. Tapi ketika harapan kita nggak terkabul, sakitnya itu disini *nunjuk dada* *dadanya dewi persik*. Makanya jangan suka ngarep! Sakit kan? Iya!
Setelah 5 menit, gue masih berkutat sama kabel yang ada di depan mata kaki gue.

“astagadragon ini bijimane garisnye kagak nongol-nongol” kata gue yang masih ngotak-ngatik kabel.

5 menit kemudian setelah gue ngotak-ngatik kabelnya, tiba-tiba muncul titik di osiloskopnya. FYI, jobshit 6 itu berhubungan sama osiloskop. Anak teknik elektro pasti tau. Kalo belom tau, cek di google aje. Seenggaknya setelah muncul titik, otak gue udah mulai jalan mengembangkan eksperimen di osiloskop, naluri gue sebagai anak teknik mulai keluar. Naluri untuk ngotak-ngatik. Tapi hal yang gue takutin waktu lagi ngotak-ngatik gitu cuman 1, meledak. Kalo osiloskop nyampe meledak, abis dah nilai gue.

*10 menit kemudian*

Untuk pertama kalinya sejak negara api menyerang gue mulai praktek, akhirnya dosen praktek nyamperin gue.

“job 6 gimana nih?” kata dosen.

“iya pak ini lagi saya coba kerjain” kata gue sambil sepak sepik sempak sok sibuk ngotak-ngatik kabel dengan sok taunya.

“oh bagus” kata dosennya. Abis ngomong gitu dosennya langsung ke temen gue yang laen. Abis itu balik lagi ke gue. Ah elah pak -___-

“gimana nih? Emang gini rangkaiannya?” kata dosennya.

“aduh pak bingung saya. Ngeblank pak”

“kalo bingung pegangan mas”

“nih saya udah pegangan pak” kata gue sambil megang meja.

“haha jadinya bisa nggak mas? Kalo gak bisa coba di cek jawabannya dibalik pintu” kata dosennya. Ini kata-kata paling bangcad :))

Dalam kalimat ‘jawaban ada dibalik pintu’, artinya itu adalah sindiran keras biar lo keluar. Sakitnya mulai dari ujung kaki sampe ke ujung rambut. Maksud dari kalimatnya itu, jawaban yang bener ada di balik pintu ketika lo ngeliat di buku catetan gimana jawaban yang benernya.

Ketika gue keluar dari ruangan, sambutan yang begitu meriah udah nunggu gue. Anak-anak kloter 10 udah nunggu diluar.

*buka pintu keluar*

*masang tampang cool* *badan tegak kayak anak paskibra*

“weeeeee al udah keluar hahahaha” kata anak-anak sambil ketawa. Macem udah pada pinter aje.

“bisa gak al?” kata salah satu anak kloter 10.

“bisa dong” kata gue dengan coolnya.

“bisa gila ye al hahaha” kata anak-anak.

“bangcad hahaha udah lah sekarang gue pengen nikmatin waktu liburan gue dulu hahaha” kata gue.

***

Gue pulang kerumah dengan perasaan sangat lega dan kepala yang sangat tegak. Libur panjang udah di depan mata. Nilai urusan belakangan yang penting libur! Kalo kata lagu tuh gini,

Libur tlah tiba. Libur tlah tiba. Hatiku gembiraaaaa

Tapi lagu tersebut terasa percuma kalo kita gak bisa nikmatin liburan bareng....... patjar. Sekian.




Selamat menunaikan libur panjang........ mblo

0 komentar:

Post a Comment