Thursday, July 3, 2014

Ramadhan Tahun Ini

Sebagai seorang muslim yang baik, pertama-tama gue mau ngucapin...


SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BUAT YANG MENJALANKAN. Semoga puasa di tahun ini mendapat banyak berkah dari Allah.swt. aamiin


MARHABAN YA RAMADHAN


Sebagai seorang muslim yang baik pula, gue juga mau ngucapin...


Assalamualaikum warrohmatullahi wabarokaaaaatuh!


*pake mukena*


Alhamdulillah wasyukurillah, gue masih bisa di pertemukan sama bulan ramadhan tahun ini. Dimana masih banyak banget dosa-dosa gue yang belom bisa ditebus dan insyaAllah di ramadhan tahun ini gue pengen bener-bener jadi anak soleh. Aamiin al aamiin.


***


Di bulan ramadhan tahun ini, gue ngerasain banget hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ramadhan tahun ini kayaknya kurang banget. Coba di bandingin sama ramadhan waktu gue masih bocah dulu. Beda banget!

Contohnya aja waktu solat subuh. Waktu jaman gue dulu, gue selalu solat subuh bareng-bareng temen sekomplek gue. Walaupun gue tinggal di komplek, tapi persahabatan anak-anaknya tuh bener-bener solid. Yaa walaupun komplek gue masih di pedesaan. Serah gue lah! Gue ini yang nulis.

Jaman dulu, yang namanya solat subuh di mesjid itu bener-bener suatu kewajiban bagi anak di komplek gue. Kalo di itung-itung, jumlah anaknya itu ada 10 orang. Kalo ada satu anak ada yang gak keluar waktu pengen solat subuh............ siap-siap rumahnya di petasanin!

“andi.... andi.... andi.....” anak-anak manggil temen gue yang belom keluar dari rumahnya, Andi.

“wah parah andi gak keluar rumah. Yaudah langsung aja bomb biar dia bangun” kata salah satu anak, sebut aja Roy.

*ngelempar petasan korek kerumah andi*

*JEDER! JEDER! JEDER! JEDER! JEDER! JEDER!*

“kabooooooorrr misi sukses!” kata anak-anak.

*seketika anak-anak di depan rumah andi langsung pada ngilang*


Begitu abis solat subuh, Andi belom juga menampakkan batang hidungnya untuk maen bareng.

“panggil andi lagi yok” kata Roy.

“ayok” saut anak-anak barengan.

“andi... andi... andi... andi... andi...” anak-anak manggil Andi barengan.

“parah nih andi gak keluar keluar. Yaudah langsung eksekusi aja dah” kata Roy.

*JEDER! JEDER! JEDER! JEDER! JEDER! JEDER! JEDER! JEDER! JEDER! JEDER!*

“hahaha misi lebih sukses!” kata anak-anak.

“eh bego nanti gue diomelin ibunya andi” kata gue. FYI, rumahnya andi itu pas banget di depan rumah gue.

“gapapa al lanjut” kata Roy.

*besoknya gue diomelin ibunya andi*

“..........”

Demi apapun petasan korek yang di lempar kerumah Andi itu banyak banget. Satu anak ngelempar seiket petasan korek. Dan gue bener-bener heran, entah ini keluarganya Andi yang sabar banget atau kebo banget. Gak ada orang yang keluar pisan dari rumahnya. Senggaknya buat marah-marah gitu.

Waktu abis solat subuh biasanya digunain buat jalan-jalan atau enggak maen bola. Kadang juga maen apaan aja yang bisa dimaenin. Kecuali maen cewek. Karena cewek bukan buat dimaenin, tapi buat dinikmatin disayang :))


***


Jaman sekarang gue jarang banget ngeliat anak kecil yang solat subuhnya bergerombolan kayak geng motor. Yang ada malah sendiri-sendiri kayak gak punya temen. Miris.

Jaman dulu kadang gue suka keliling komplek waktu saur buat ngebangunin warga biar pada saur. Ambil peralatan seadanya yang penting bisa bunyi, abis itu keliling dah. Kalo anak sekarang boro-boro.

“kal sekali-sekali lu ngebangunin warga saur dong bareng temen-temen lu” kata gue ke adek gue, Ekal.

“ah ogah ah mendingan gua nonton goyang cesar” kata adek gue.

“.......”


***


Masa-masanya gue bocah tuh bener-bener masa paling indah. Abis solat taraweh, pilihannya cuman ada dua, maen bola lawan komplek sebelah atau perang sarung lawan komplek sebelah. Kalo gue sih sebagai anak yang baik pasti gue pilih....................... perang sarung :))

Nah! gue dulu demen banget perang sarung, rasanya kalo abis perang sarung dan menang, itu kepuasan batin banget. Sarung andalan gue itu namanya ‘selepetan cabe’. Kalo kena sarung itu, rasanya pedes banget. Ada dua jenis sarung yang biasa di pake anak-anak waktu perang sarung.


 1. Selepetan Cabe
     Tipe 'selepetan cabe' ini biasa digunakan untuk anak yang tenaganya kurang gede buat ngegebog lawannya. Cukup dengan secuil tenaga, gue jamin lawannya bakal kepedesan. Namanya juga 'selepetan cabe'. Mau tau cara bikinnya? Cari sendiri di internet!

2. Bogem
    Tipe 'bogem' ini pas banget buat anak yang badannya gede, sama punya tenaga yang gede pula. Namanya juga 'bogem', butuh tenaga juga biar si lawan jera dan gak ngelawan lagi. Tipe ini efeknya kalo kena kepala alias hedsot, bisa geger otak. Namanyajuga 'bogem'. Mau tau cara bikinnya? Cari sendiri di internet!

***

“woy lo anak kampung atas yeee? Maju lo siniiiiii” kata temen gue, Roy.

“iyeeee gua anak kampung atas. Sini lo maju” kata anak kampung atas.

“okeeeee gua maju. Satoooooo, duaaaaaa, tigaaaaa!! Maju wooooooyyyy!!!” kata Roy dengan semangatnya yang membara.

“ayoooo majuuuu!!” kata gue, ikut-ikutan Roy.

Baru maju beberapa meter gue melangkahkan kaki ke depan, tiba-tiba Roy teriak lagi.

“woy mundur woy rakyatnya dia banyak!!!” kata Roy.

“.......”

*seketika gue ngacir*

Seumur-umur, waktu perang sarung gue gak pernah kena gebog sarung lawan, jangankan kena gebog, kepoles sarung lawan aja gue gak pernah. Sesuai prinsip perang sarung yang gue anut,

Maju paling belakang, mundur paling depan

Lo liat aja kalo di film-film, raja majunya belakangan kan? Nah iya gue rajanya. Iye al iye


***


Adek gue pernah nyoba-nyoba ikut perang sarung sama temen-temennya. Abis itu dia pamer ke gue.

“bang tadi gua abis perang sarung dong. Gila pas gua lagi majuin tiba-tiba ada temen aliansi gua dateng dari anak jalan ceri. Abis itu musuhnya mental dah hahaha” kata adek gue dengan bangganya.

“emang lo perang sarung lawan anak mana? Anak kampung atas?” tanya gue.

“bukan. Gua lawan anak gang sebelah”

“.......” seketika terjadi keheningan yang panjang.


“yeeee bego itu mah sama aja lo lawan anak komplek sini juga” kata gue.

“lagian gak ada lawan lagi, yaudah gua lawan aja anak gang sebelah hahaha”

“anak gang sebelah masih SD semua kan?” tanya gue.

“iya. Makanya gua menang hahaha” kata adek gue sambil ketawa-ketawa.

“........”


***


Jujur aja gue lebih seneng sama ramadhan tahun dulu. Dimana jaman dulu anak-anak kecilnya masih pada kafir. Kalo jaman sekarang anak-anaknya udah pada alim. Jaman sekarang juga petasan korek udah jarang banget ditemuin. Sekalinya ada juga petasannya udah pada boncos.

“nih bang gua punya petasan korek” kata adek gue dengan bangganya.

“coba nyalain. Lempar dah tuh ke jalanan depan rumah”

“nih gua coba”

*adek gue ngebakar petasan koreknya* *ngelempar ke jalanan depan rumah*

“ciiiiiiiuuuuuusssss”

“yah boncos cacat HAHAHA” gue ketawa puas.


***

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu banyak orang, mulai dari orang muda sampe orang tua. Karena bulan ramadhan adalah bulan yang banyak berkah. Karena di bulan ramadhan pula lah setan-setan terkutuk pada di iket. Jadi gue berani deh kalo lagi kebelet boker trus ke kamar mandinya tengah malem.
Udah dulu ya. Sekian. Bangunin gue nanti pas H-7 lebaran. Mau mudik.

*lepas mukena*


Wassalamualaikum warrohmatullahi wabarokaaaaaaaaaatuh!

0 komentar:

Post a Comment