Sunday, February 22, 2015

Masa Kecilku

berhubung sekarang malem minggu, jadi, malem minggu adalah malem yang ditunggu-tunggu semua kalangan manusia. mulai dari anak-anak, anak muda, dewasa, bahkan orang tua pun juga menunggu yang namanya malam minggu. karena, di malam minggu, semua orang bisa bebas melakukan kegiatan, entah itu bermain bola atau badminton untuk anak-anak. bermain dengan teman seperkumpulannya untuk anak muda. berpacaran, untuk orang dewasa, dan melihat anak-anaknya bermain, untuk para orang tua. apapun bisa dilakukan di malam minggu.

but, wait...........


semua pernyataan gue diatas itu untuk anak yang tumbuh di era 90-an.


kenapa bukan untuk anak tahun 2000-an, al?


bukan. jawabannya jelas bukan. ini kasusnya udah beda banget. berbanding 180 derajat kalo kita ngebandingin anak 90-an sama anak 2000-an.

barusan banget sekitar jam setengah  9 malem gue keluar rumah, setelah seharian gue dirumah. ya, gue kalo libur ya emang cuma dirumah. kebetulan hari ini cuacanya panas banget yang ngebikin gue males keluar alasan. ketika gue keluar rumah dan gue mengarahkan kaki gue ke lapangan, gue kaget. lapangan sepi. sejenak gue flashback ketika gue masih anak-anak.

waktu jamannya gue masih anak-anak, malem minggu pun gue tunggu-tunggu banget. gimana engga? malem minggu itu adalah malem-malemnya gue bisa main diluar rumah pada waktu malem. kalo di malem-malem biasa, haram hukumnya untuk gue keluar rumah. orang tua gue selalu berkata,


"boleh keluar, tapi waktu malem minggu aja."


kelihatannya itu kalimat sederhana, tapi dibalik kalimat itu terdapat kamar mandi yang gak ada lampunya, yang siap nyantap gue ketika gue melanggar peraturan yang udah dibuat orang tua gue. gue emang paling takut di hukum di kurung di kamar mandi. serem.

oke, lanjut. gue kaget banget ketika gue udah sampe di lapangan. ini lapangannya angker atau gimana ya? kalo dibilang angker, ini lapangan jauh banget dari kata angker. di sekeliling lapangan ada rumah warga. terus anak kecil di sekitar rumah gue juga rame. yang jadi pertanyaan gue adalah


ini lapangan kenapa sepi gini, padahal ini kan malem minggu? gak ada anak-anak apa yang main bareng temen-temennya? apa anak-anak itu pada gak punya temen?


kalo jaman gue anak-anak dulu, ketika malem minggu lapangan selalu rame. ada yang main bola, main badminton, petak jongkok. terkadang, sering rebutan lapangan. ada sekelompok anak yang sukanya main bola, ada juga yang suka main badminton, dan ada juga yang sukanya main petak jongkok. pada akhirnya, gue sebagai anak yang suka main bola bisa nguasain lapangan. sedangkan anak yang main badminton sama petak jongkok dipaksa main di jalanan. jahat sih emang hehehe *ketawa ganteng*

malah dulu, ada temen gue yang kalo disuruh pulang itu susahnya minta ampun. sampe emaknya nguber-nguber temen gue pake sapu lidi baru deh pulang.

ketika malem minggu ada banyak banget permainan yang dimainin di lapangan. kalo lagi bosen main bola, kita bisa main petak jongkok. bosen main petak jongkok, kita bisa main petak umpet. tapi kalo main petak umpet gue gak pernah menang, iya gue ngumpetnya gak pernah jauh-jauh. waktu kecil dulu kan gue penakut. ditakutin sama orang dikit aja gue langsung ngacir.

"eh al ada apaan tuh di belakang lu" kata temen gue, sambil nunjuk ke arag belakang gue.
*tanpa pikir panjang, gue langsung kabur*. terus gue diketawain dah. kesian.


***

coba kita bedain sama anak jaman sekarang.

sumber: google

dari gambar diatas aja juga udah ketauan bedanya. anak jaman 90an cenderung kepengen selalu bareng-bareng temennya. bahkan waktu gue dulu, setiap kali pengen ke rental PS, selalu bawa temen sekecamatan. anak-anaknya rame, PS yang disewa cuma 1, mainnya cuma 1 jam pula. sedangkan anak jaman sekarang?


***

jadi, gue merasa miris aja sama anak sekarang. padahal niatnya gue pengen ngeliat ketawanya anak-anak yang masih polos ketika mereka berlarian di lapangan dengan bebas. tapi.............. ah sudah lah.

jujur aja gue iri sama anak-anak. dimana masa anak-anak, hal bisa dilakukan cuma nurut sama orang tua, terus ketawa deh. tanpa mikirin apapun. kalo waktu bisa diputer ulang, pasti bakal gue puter. tapi, masa lalu hanyalah masa lalu. hal yang gak akan bisa kita ulang.

dan kata ini mewakilkan perasaan gue pada malam ini,


I miss my childhood so much!


0 komentar:

Post a Comment