Wednesday, August 5, 2015

Tentang Ospek

Ospek, mungkin buat sebagian mahasiswa baru, ospek adalah hal yang paling menakutkan. khususnya untuk mahasiswa teknik. Ya, karena gue anak teknik hehehe

Belakangan ini lagi marak-maraknya berita tentang ospek yang gak boleh ada perpeloncoan. Hmm.... Gue setuju! Eh, tapi kalo di kampus gue namanya bukan ospek, tapi MPA. Masa Orientasi Akademik. Kalo gak salah kepanjangannya itu. Mungkin agak kasar kalo nyebutnya ospek.

Ya, gue setuju kalo ospek gak ada perpeloncoan. Karena, gue pikir ospek itu adalah masa-masanya mahasiswa baru mengenal kampusnya. Seluk-beluk kampus, dan lain-lainnya.



***


Oke, flashback sedikit ke 3 tahun yang lalu, saat gue ngerasain ospek di kampus gue yang di bogor...

Ketika itu gue masih polos banget. FYI, ketika gue lulus SMA, muka gue masih kayak bocah banget. Fotonya ada, tapi gue males masukinnya kesini. Muka gue masih gak ada bentuknya, maksudnya beda banget sama yang sekarang. Kalo yang sekarang gue ngerasa muka gue udah berbentuk agak keras, udah bisa galak, tapi dulu muka gue masih polos banget. Dengan perawakan rambut lurus gak ada gayanya, tanpa kumis, ya gue emang gak ada kumisnya. Tapi kalo kumis bawah mah gondrong.....

Dengan muka gue yang kayak anak plongo, dengan beraninya gue masuk ke kampus swasta, terlebih fakultas teknik, yang terkenal dengan ospeknya yang keras.

Seperti biasa, mahasiswa yang diospek harus dibikin jadi biksu dulu. Botak. Iye botak. Ospek di kampus gue yang lama itu ada banyak macemnya. Ada ospek universitas, ospek fakultas, sama ospek jurusan. Ospek jurusan itu sampe dua kali. Iya, dua kali.

Ospek universitas. Ini ospeknya mah main-main. Cuma berat di bangun paginya doang. Gue tinggal di depok, ospeknya di bogor. Sampe lokasi ospek musti jam 6 pagi. Peralatan yang dibawa gak macem-macem. Gue ngejalaninnya enjoy lah. Ditambah lagi di kelompok gue ada temen sejurusan gue. Jadi selama ospek universitas gue mainnya berdua mulu kayak biji.

Ospek fakultas. Ini nih baru yang namanya ospek. Pertamanya ada yang namanya pra-ospek. Jadi serangkaian acara sebelom hari H ospek. Disitu kita (para mahasiswa baru) dikumpulin di satu ruangan, atau aula lebih tepatnya. Bayangin, anak elektro, sipil, geodesi, planologi, geologi dikumpulin jadi satu. Ah gila ramenya khanmaen! Ruangan yang gak begitu gede jadi sumpek banget. Beruntung aja sih gue punya tinggi yang lumayan, jadi gue masih bisa nyuri-nyuri napas. Kepala gue naikin, terus gue napas kayak ikan mas koki. Mulutnya ngap-ngapan demi udara segar.

Waktu pra-ospek juga gue pernah hampir berantem sama senior. Dia kecil sih, jadi gue berani aja gitu. Tanpa ada rasa sebagai junior gue samperin itu senior yang kecil, terus gue pelototin matanya. Untung ada temen gue misahin. Tapi di pra-ospek ini gue nikmatin banget. Soalnya ada mahasiswi teknik sipil yang cakepnya khanmaen! Gue inget banget pas pertama kali pra-ospek dia sampe nangis gegara gertakan senior. Lucu sih ngebayanginnya. Pas dia nangis, rasanya gue pengen deketin dia, terus gue tenangin dia. Lalu gue peluk..... Ah fak! khayalan macam apa itu.... Iya, bercanda. Mana mungkin gue berani ngelakuin hal kayak gitu. Gue kan cemen.

Dan sekarang tiba saatnya ospek fakultas. Hari H! Jadi para peserta ospek itu dibawa ke kayak puncak yang banyak kebun teh gitu. Berangkat pagi jam 7 dari kampus. FYI, sebelom berangkat, gue boker terlebih dahulu di kampus. Mungkin gue tegang...

Baru sampe lapangan ospek aja kita udah langsung disuruh jalan tengkurep lewatin lumpur ala tentara. Gue inget banget, pas gue lagi jalan tengkurep gitu, yang kena lumpur kan baju gue yang bagian bawah doang, tertiba ada senior yang ngelumurin lumpur ke baju bagian atas sama kepala sambil ngomong-ngomong,

"ngapain lo masuk teknik? lo pikir enak masuk teknik?" dengan nada nyolotnya.

Iya, kepala. Disitu gue kesel. Tapi gue bisa apa, cuma junior yang gak punya apa-apa. Mau macem-macem ngelawan? Habis kau! Ya gue sih berusaha untuk nikmatin aja. Abis di lumpurin gitu, semua peserta disuruh tidur dilapangan. Tidur telentang. Ngadep matahari. Disitu cuacanya lagi panas banget. Gosong dah.

Kalo di itung-itung gue udah banyak kali push upnya. Setiap ada salah, langsung push up. Tangan gue berasa udah mau copot. Push upnya juga tangannya musti di kepel. Belom lagi ada sesi bentak-bentaknya. Yang paling ngeri itu waktu malem yang ngebentaknya itu abang-abang alumni. Itu malem berasa panjang banget. Pengen buru-buru jadi pagi aja rasanya. Kadang gue nyuri-nyuri push up, tangan gak gue kepel gegara sakit.

"woy botak kalo tangan lo masih dibuka juga bakalan gua injek! satu.. dua..."

"mampus gue ke gep" kata gue dalem hati, seketika gue langsung ngepel tangan gue sebelom tangan gue di injek.

3 hari 2 malem gue ospek fakultas. Dan gak lupa di akhir acara, senior membeberkan juga alasan dia sampe marah-marah, nyuruh push up, dan sebagainya.

"sorry ya kalo kita udah banyak mush upin kalian. kita panitia gak bakal mush upin kalian kalo kalian gak salah." kata seorang senior, dia ngomong pake toa. Dan para peserta cuma iya-iya aja ngangguk-ngangguk.

Kalo gue sih nangkepnya gini, kita sebagai mahasiswa baru ibaratnya sebagai adik yang baru lahir. Ospek ini dibikin keras biar kita (sebagai adik) juga jadi gak songong. Bukannya seniornya yang gila hormat. Gue tau, sebagian atau bahkan banyak orang yang menyebut mahasiswa teknik adalah orang yang gila hormat. Gini aja, kalo lo punya adik, tapi adik lo gak menghormati elo sebagai kakaknya. Gimana rasanya?

Dan gue akuin, setelah adanya ospek fakultas yang keras kayak gitu, hubungan antara junior sama senior jadi semakin enak. Ngobrol juga jadi enak banget. Gak cuma sama senior yang sama jurusannya aja, tapi sama satu fakultas teknik. Temen teknik seangkatan. Satu teknik lah. Like a family! Second home.


Ospek jurusan. Ospek jurusan ini berlangsung dua kali. Awalnya kita ospek di pantai, gue lupa nama pantainya apa. Yang kedua, di kampus depan. Jadi, teknik itu gedungnya beda sendiri. Kalo kasarnya semacam diasingkan gitu. Disebutnya kampus belakang, sedangkan kampus depan itu kampus pusatnya. Jaraknya cuma 300 meter kira-kira.

Ospek pertama, di pantai, Ya kayak biasa, pasti ada yang namanya sesi diomelin tengah malem. Temen gue sampe ada yang gak tidur gegara sangking takutnya dibangunin secara tiba-tiba. Gue sih cuek aja tidur. Bener aja, jam 3 pagi kita dibangunin, terus disuruh baris di pantai. Disuruh juga push up di pinggir pantai. Pokoknya, ketika push up, semua badan harus masuk ke dalem air. Mata jadi perih bener kemasukan air laut.

Ospek kedua. Di ospek kedua ini nih klimaksnya. Harusnya kita ospek cuma satu kali, tapi gegara angkatan gue songong, jadi dua kali ospek. Yang namanya gampar, push up, sit up, dan lain-lainnya kita semua dapet. Malah, ada senior yang dengan enaknya jalan sambil ngegampar peserta :"

"bego lo, bego lo, bego lo... baris aja gak bener." kata senior. Dengan enaknya, setiap ngomong 'bego lo' ada bunyi 'pak'. Bunyi gamparan.

Tapi, seperti point diatas tadi, setelah ospek ini, gue ngerasa ada ikatan yang lekat antara junior dan senior. Kita jadi saling  respect yang besar antara satu dengan yang lain.

Jadi setiap papasan dimana pun, yang namanya tegor sapa itu pasti. Ada yang gak negor, atau sengaja buang muka, hehehe digampar lah kau di kampus.


***


Waktu gue ospek di kampus gue yang baru, gue ngerasa ini ospek tempe banget. Gak ada rasanya. Asli. Gue tau, panitia berusaha keras, tapi sekeras-kerasnya panitia disini beda banget sama di bogor. Gue gak ngerasa apa-apa. Biasa aja. Malah gue gak ada takut-takutnya.

Begitu angkatan gue yang jadi panitia, angkatan gue juga biasa-biasa aja ngospekin mahasiswa barunya. Emang sih gue gak terlibat di kepanitiaan. Pengen jadi panitia di kampus gue itu ribet. Segala ada wawancaranya. Emangnye ini gawe apa?

Angkatan dibawah gue jadi pada tenge-tenge. Kadang gue ngerasa sedih aja gitu. Ada seorang mahasiswa baru, waktu papasan sama dosennya melengos aja gitu. Gak ada tegor sapa atau basa-basinya. Coba aja dia kuliah di bogor, udah digamparin kali. FYI, di kampus gue di bogor, dosen gak pernah tau senior berlaku apa aja ke juniornya. Juniornya digampar juga cuek aja. Seolah-olah dosennya kayak gak tau gitu. Padahal sih tau. Mungkin yang dilakuin senior gue ini masih dalem batesan yang wajar.


***


Oke, gue rasa udah cukup lah ngomong ngawur ngidulnya. Jadi intinya, gue rasa ospek yang keras atau pelonco-pelonco itu gak usah di adain. Ospek yang biasa-biasa aja, tapi bisa bikin para mahasiswa baru menaruh rasa hormat ke kakak tingkatnya. Mahasiswa barunya dikenalin ke kampus. Semua tentang kampus, seluk-beluknya.

Well, mahasiswa baru itu ibarat adik yang baru lahir. Dan kita sebagai kakaknya. Kalo bisa para mahasiswa baru jangan pada songong lah ke kakak tingkatnya. Kalian itu masih anak baru, sudah sewajarnya kalian menghormati kakak kalian. Kakak tingkatnya juga jangan songong semena-mena ke adiknya. Sebagai kakak, pastinya juga akan menaruh rasa hormat kepada sang adik. Ya, saling menghormati gitu lah.

By the way, kesimpulan diatas bener gak sih? hahaha. Ini cuma pemikiran ngawur ngidul gue aja sebagai mahasiswa yang sudah berada di tingkat atas. Kalo isi sama kesimpulannya gak nyambung yaa mohon maap. *berpose kayak model yang ngucapin lebaran*

Correct me if i wrong.



2 comments:

  1. Kalo gue ga akan sudi dibentak, digampar gitu2 al. Lo boleh bilang mental gue mental tahu (karena tempe lebih keras sebenernya dari tahu, coba cek aja) tapi itu semua karena gue ngerasa 'harga diri' lebih diinjek2 ketika dibentak digampar sama senior.
    okelah kalo cuma dibentak mungkin agak sedikit gapapa, cuma gw mah suka kurang rela wkwkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ye tahu hahaha. gue sih santai bung ngejalaninnya. awalnya iya emang gue juga gak sudi di begituin. tapi diakhir acara, panitia ngejelasin semuanya. alesan kenapa di begituin. masuk akal sih alesannya. ya maklum kan gue kuliah di teknik bung hahaha

      Delete